Tulisan-hang fm

PPMI Arab Saudi Kutuk Insiden Bom Bunuh Diri di Jeddah, Qathif dan Madinah

Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) di Arab Saudi mengeluarkan pernyataan terkait peristiwa bom bunuh diri di Arab Saudi hari Senin (04/07/2016).

07 Jul 2016 0 comment
(0 votes)
 

Sementara itu,  pemerintah Arab Saudi sudah secara resmi mengumumkan musibah bom yang terjadi di tiga tempat. Yakni di Jeddah  tepatnya di dekat konsul Jenderal AS, di Kota Qathif dan  di parkiran Masjid Nabawi hari Senin, 4 Juli 2016 M  setelah adzan Maghrib waktu Madinah.

Ketua Umum PPMI Arab Saudi, Imam Khairul Annas dalam rilisnya mengatakan, pelajar Indonesia yang sedang berbuka puasa di Masjid Nabawi mendengar jelas ledakan tersebut. Meski setelah kejadian, situasi berjalan normal, para jamaah menunaikan shalat Maghrib, shalat Isya, shalat Tarawih dan shalat Qiyamul Lail di Masjid Nabawi.Pernyataan ini berbeda dengan beberapa invormasi melalui groups WhatsApp yang beredar di masyarakat.

“Semoga para korban yang wafat Allah terima sebagai syuhada, dan korban yang luka-luka segera pulih, Aamiin,” tulis pernyataan PPMI yang disampaikan pada hidayatullah.com, Selasa (05/07/2016).

Mencermati perkembangan situasi keamanan di wilayah Arab Saudi khususnya dengan terjadinya rentetan kejadian bom bunuh diri di beberapa wilayah,  PPMI menyampaikan pernyataan berupa  lampirkan Himbauan dari KBRI Riyadh dan KJRI Jeddah.

Pertama, tetap tenang dan sekaligus meningkatkan kewaspadaan dan keamanan pribadi dan keluarga.

Kedua, memantau perkembangan situasi keamanan dari berbagai sumber pemberitaan.

Ketiga, menghindari daerah/wilayah yang berpotensi membahayakan keamanan diri.

Keempat, selalu membawa identitas diri (iqomah/paspor)  pada saat bepergian.

Selanjutnya pihak KBRI Riyadh dan KJRI Jeddah akan terus memantau perkembangan situasi keamanan di Arab Saudi.

Sebagaimana dilansir kantor berita Arab Saudi SPA Selasa (5/7/2016), juru bicara keamanan dari Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi menyebutkan bom meledak di tiga tempat; di dekat konsul Jenderal AS, di Kota Qathif dan  di parkiran Masjid Nabawi.

Bom yang terjadi di parkiran Masjid Nabawi terjadi hari Senin (04/07/2016), saat orang-orang sedang berbuka puasa (ifhtar) sebelum shalat Maghrib. Pelaku seorang pria yang berpura-pura ingin berbuka puasa bersama mereka. Peristiwa itu menewaskan pelaku dan 4 petugas keamanan dan melukai sejumlah petugas lainnya. Menurut pemerintah, saat itu, pelaku menyamar sebagai petugas keamanan.

Laporan terbaru ini sekaligus menghapus dugaan sebelumnya dimana peledakan terjadi di dekat makam Baqi’. Sampai hari ini pihak keamanan Arab Saudi masih terus melakukan penyelidikan.*

Rep: Panji Islam

Email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

HANGFM Radio Dakwah Islam  Profesional dan Terdepan di Batam

Profile Hang FM

Connect with HANG FM

Get Free Breaking News Alerts!

  • Breaking News Alerts
  • Dakwah Alerts

Contact us

Batam Center Mall Lt. Dasar, First City Komplek Blok 1 No.A1-61, Batam, Kepulauan Riau
T: +62-778-469106
F: +62-778-469106